Sosialisasi dan pendistribusian di Kec. Lambitu

Sosialisasi dan pendistribusian di Kec. Wawo


Baznas Kabupaten Bima turun melakukan sosialisasi dan distribusi zakat, infak dan sedekah di dua kecamatan hari ini selasa 6 September 2022 yang merupakan hari terakhir kegiatan sejak tanggal 22 Agustus 2022 lalu. Seperti sosialisasi dan pendistribusian hari-hari sebelumnya kegiatan ini dibagi dalam dua tim yaitu tim I di Kecamatan Lambitu yang dipimpin oleh Ketua Baznas Drs. H. Zainuddin, MM bersama Wakil Ketua IV Ir. H. Taufik Rusdi, M.AP beserta crew Mujamil, SH., Suharti, S.HI, M.HI., Rustam Efendi ditambah beberapa staff lainnya. Sementara tim II Kecamatan Wawo dipimpin oleh Wakil Ketua II Sulaiman, SH bersama Wakil Ketua III Dr. Abdul Munir, M.Pd.I. beserta Dra. St. Nurhidayah, S.Ag., Neneng Khairunnisa, SE., Nurhaedah, Firmansyah, M. Antasari.

Pada sesi sosialisasi di Kecamatan Wawo Dr. Abdul Munir, M.Pd.I mendapatkan giliran pertama di mana beliau menyampaikan pentingnya zakat sebagai pembersih jiwa dan harta muzakki (pemilik harta capai nisab yg wajib berzakat). Selain itu Doktor menambahkan bahwa zakat pengembang ekonomi umat sebagai zakat produktif yang dapat mengurangi mustahik (penerima zakat) dan berganti status menjadi muzakki. 

Selanjutnya Dr. Munir jelaskan dengan detail terkait nisab dan haul macam zakat, seperti zakat zuru' (Pertanian, perkebunan, kehutanan), zakat profesi, zakat emas, uang dan tabungan, bahkan zakat kendaraan. Setelah itu diperkuat oleh Ustadz Sulaiman, SH. yang memberikan serta menceritakan pengalaman kejadian unik seputar zakat selama beliau pernah menjadi ketua UPZ kecamatan Wera selama 15 tahun.

Pada sesi terakhir dilakukan pendistribusian zakat kepada 6 asnaf yaitu Fakir, Miskin, Mualaf, fi sabilillah, ibnu sabil termasuk amil baik berupa zakat konsumtif maupun zakat produktif. (MG)

Galeri:








Popular Posts

Blog Archive